Halaman Blog ini

"SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA KAWAN"

Selamat datang di website saya kawan. Mari kita berbagi! Berbagi ilmu, berbagi rasa, berbagi pengalaman, berbagi materi atau berbagi apa saja. Kita isi kehidupan ini dengan hal-hal yang positif, yang bermanfaat, yang membangun bagi diri sendiri dan sesama. Mari kita wujudkan Indonesia yang damai sejahtera, mulai dari diri kita, mulai saat ini, atau tidak sama sekali! Salam Damai Indonesia.

Selasa, 19 Juli 2011

PAGARALAM the Inner Beauty of South Sumatra

(Sebuah cerita lama yang diunggah kembali)

Tanjung Enim, Oktober 2007

Kasur yang Sejuk

Boughhh..!!!

Keras bantal itu menghantam muka diriku sekeras gema takbiran di masjid tetangga sebelah di hari pertama Idul Fitri. Terpaksa deh mimpiku untuk beli kamera DSLR Nikon D60 buyar, berantakan.

“Bangun Yah..!!!” Jagoanku kecil David dah gak sabaran nagih janjiku tuk jalan ke Pagaralam, hari ini. Ampun dah…!! Janjinya mo berangkat siang, pagi-pagi buta gini, mana ujan lebat lagi udah dibangunin… He… he… Anak yang satu ini langsung ‘nggulet’ diriku dengan dengan jurus kuncian maut-nya… karuan aja aku ngap-ngap-an gak bisa napas…

“Iya… iya… Ayah bangun..!!”

“Tapi, ini kan masih pagi… lagian kan masih hujan Dek…” kilahku bikin alasan karena masih enggan ninggalin guling yang dingin-dingin empuk.

Kan… kita dalam mobil, Yah! Jadi gak kebasahan...!!” dia ngotot sambil terus nindihin punggungku. He.. he.. anak ini memang keras kemauannya, kalo belum diturutin… gak bakalan nyerah dia. Beda banget sama bapaknya yang lemah lebut penuh pengertian… :P *suittt… suittt….*

“Iya... iya… tapi ini kan hari Lebaran, jadi kita ke tetangga dulu yach… buat maap-maap-an, abis itu baru kita berangkat..!!” kataku penuh dengan kebijaksanaan.. *ceileee…*

“Ya… tapi ke tetangganya jangan lama-lama ya…” desaknya.

Terpaksa deh… diriku bangun en ngacir ke kamar mandi… sambil masih setengah watt matanya… dan …wusshhh… *sensor* Semalaman nge-net memang bikin males bangun.

Sambil jalan tadi daku lirik jagoanku yang besar, Andrew, masih ‘ngringkel’ ketekuk kayak pistol meluk guling kesayangannya, sementara mai hani lagi goreng-goreng, masak-masak, tumis-tumis, gosong-gosong di dapur… Dari aromanya sudah bisa ditebak kalo doi bikin mie goreng pake telor… he… he… this is her favorite cooking, gampang dan cepat… tapi soal rasa… gak ngalahin deh ma kwetiauw Quntien-nya mbah Edy… :P He.. he.. sebab kata wong pinter, ‘lauk yang ternikmat adalah rasa lapar itu sendiri’.. *Halahhh… alesan…* he… he…

Hidangan Lebaran Ala Udik.

Singkat cerita jam sembilan-an kita berempat dah rapi jali, siap muter ke tetangga-tetangga. Di rumah Wak Soleh, sudah berjajar topless kaca dengan tutup-tutup yang diikat plastic dan pita warna-warni, kita dikasih makan opor bebek lengkap dengan segelas orson rasa entah… dan menikmati kue-kue seperti keripik sukun dan peyek kacang. Di rumah Ibu Anggi kita makan kue nastar dan putri salju. Di rumah Yuk Mi kita makan empek-empek dengan aqua gelas yang ada gambar pasangan SOHE (yang kalah di Pilgub). Di rumah Bu Agus kita disuguhin teh botol dan (lagi) kripik sukun. Di rumah Wak Ruslan, ada kacang bawang, permen, dan jagoanku dibawain Fanta kalengan pulangnya. Dan seterusnya… pokoke kenyang… lumayan pikirku.. buat persiapan jalan nanti, kan tadi cuman sarapan mie goreng telor… kalo lebaran tiap sebulan sekali enak yach… he.. he... minimalkan kita bisa turut menikmati suasana libur-nya… *dasar*

Perjalanan yang Melelahkan

Jam 13.00 WITE (Waktu Indonesia Bagian Tanjung Enim), mobil keluar meninggalkan garasi ke arah barat daya menuju Pagaralam, kebun teh yang sejuk nan indah di pegunungan Dempo. Di bagasi belakang sudah siap peralatan anti dingin (jacket, sarung *Hahh..?? udik banget!!!*) serta gak lupa sepatu sport, celana jeans, topi, ransel sebab kita rencana juga mau lintas alam besok paginya.

Perjalanan yang seharusnya biasa ditempuh kurang dari tiga jam itu kita musti jalanin ampe empat jam. Kenapa? Yang pertama karena ujan gerimis sepanjang jalan, jadi kita musti rada slow, kedua karena diriku ngantuks berat, jadi sempat tidur stop en beberapa menit di pinggir jalan (abis begadang nge-net), ketiga ini mobil (yang emang udah tua) tumben-tumbennya rewel, gak bisa low idle (mati terus saat rpm rendah) jadi terpaksa jadi mekanik deh… ngakalin dulu.. (kan emang mekanik.. he..he..), keempat kedua jagoanku pada ngrasa ada yang nendang-nendang di perut pengin setor, jadi terpaksa deh ‘numpang toilet’ di rumah orang dusun. He.. he.. mungkin ini karena berbagai jenis, model, dan bentuk santapan lebaran masuk tanpa di sensor dulu kali yach..?? jadi di dalem pada berontak gak mau akur… he.. he…

Gak biasanya diriku merasa begitu capek bawa mobil. Daku biasa supir sendiri jarak jauh Tanjung Enim – Jakarta Semarang – PP, juga rasanya gak capek-capek amat, enjoy aja. Ini baru beberapa jam aja dah lemah lunglai … *duh.. bahasanya..*

Untung aja sepanjang perjalanan enak dilihat. Ada bukit, hutan, sungai, Jalan berkelok tajam, jurang yang dalem banget, tebing, sawah, kampung, gunung, air terjun. Dan juga ada yang namanya Gunung Jempol yang bentuknya unik seperti foto di bawah (yang akan daku ceritakan secara khusus nanti).

Pokoke pemandangan yang gak biasa ditemui ma orang kota, jadi lumayan mata rada seger… mak nyesss… adem…

Villa Pagaralam

Sampe di villa langganan kita (yang dah kita booking sebulan sebelumnya – maklum lebaran boo...) dah jam lima sore. Cuaca cukup cerah sehingga masih sempet melihat pemandangan yang memang apik banget. (Hanya orang buta kali yach… yang bilang jelek…)

Lokasi villa ini di perkebunan teh Gunung Dempo, kurang lebih 20 Km dari pusat kotaPagaralam. Ketinggannya… gak tahu belum ngukur… JPokoke tinggi banget… kanudah dikit rumah-rumah penduduknya… (loh.. apa hubungannya?). Mirip Puncak namun ada kelebihan tempat ini dibanding kawasan Puncak. Di sini masih termasuk daerah yang terpencil, jauh lebih sepi di banding Puncak, sehingga udara jauh lebih bersih dan suasana lebih tenang. Gak ada macet, gak ada warung ‘remang-remang’ di pinggir jalan, gak ada bus dan truck-truck yang ngabisin badan jalan, dan gak ada pedagang asongan yang ngetuk-ngetuk di jendela mobil kita.

Tapinya… (ada tapinya…) saat-saat tertentu seperti Lebaran (kali ini) dan tahun baru, kawasan ini bisa menjadi lebih parah macetnya daripada Puncak.. he.. he.. l

Kembali ke villa. Kita sewa satu kamar cuman seratus ribu per malam (murah banget yach…). Emang sih fasilitasnya cuman kasur an kamar mandi aja, gak ada TV (kita mo liburan… gak butuh berita TV), gak ada air panas (he.. he.. mau ngrasain mandi pake air es….). Tapi dah cukup puas kita karena ini villa cukup bersih dan punya view yang bagus banget. Buat nongkrong berdua ama mai hani mpe larut malem di teras rasanya… uindahh.. banget. Serasa dunia milik berdua… (yang lain numpang aja.. he.. he..).

Si Kengkul Mau yang Terdepan

Si kecil David kecil punya panggilan unik, yaitu ‘Si Kengkul’. Banyak kata-kata tanpa makna lainnya, ungkapan asal sebut yang sering/kadang ia ucapkan untuk mengekspresikan sesuatu. Spontan banget. Karena kata itu sangat lucu di telinga kami, maka kami suka memangilnya ‘kengkul’.

Pagi yang cerah, di hari berikut, sinar matahari pagi menerobos tirai menyinari kamar kami membangkitkan semangat kami untuk segera bangun dan menikmati hari ini.

Pagi ini sesuai rencana kami mau lintas alam menyusuri kebun teh (tea walk) mendaki lereng gunung Dempo. Ada jalan beraspal untuk mencapai puncak Paralayang (demikian kami menyebut) dimana ketinggiannya kurang lebih separuh tinggi gunung.

Namun dengan tidak mengindahkan nasehat Gus Dur kami memilih melewati jalan tanah yang basah, berkelok-kelok, dan banyak akar dan batang melintang karena terasa lebih seru, dan banyak tantangan… he... he... (senengnya kok repot…)

Tanpa sarapan terlebih dahulu, tim kita langsung bergegas naik-naik ke puncak gunung.

Seperti biasa, tim kami dipimpin oleh ‘Si Kengkul’ si pencari jalan. Tubuhnya yang masih kecil hampir tidak kelihatan berjalan di antara rerimbunan pohon teh. Ia tidak pernah mau jalan di belakang. Ia selalu mau di depan, menyeruak pohon teh mencari jalan, sampai ke puncak. Sementara kakaknya Andrew dibelakangnya menyemangati Ayah dan Ibunya yang selalu tertinggal di belakang.

“Ayo..!! Semangat..!! Semangat…!!! Teriaknya. Si Kengkul.. berjalan sambil tak henti-hentinya nyanyi… entah lagu apa..

Ngos.. ngos.. ngos… begitulah bunyinya napas daku. Emang daku jarang olah raga, paling banter brenang, itu pun belum tentu seminggu sekali, makanya digenjot naik gunung kayak gitu langsung ‘menges’… he.. he.. Kalo ibuk-nya emang segaja di belakang supaya bisa ada alasan digandeng terus ma bapaknya.. .. ceilee… romantis nih.. yee.. *pamer mode: ON*

Di beberapa tempat kita beristirahat. Air aqua gelas (padahal mereknya bukan ‘Aqua’) menjadi sebegitu dingin dan menyegarkan, membasahi kerongkongan. Keringat membasahi baju membuat tubuh terasa bugar. Kami ‘tenggelam’ di hamparan kebun teh yang luas.

Kita sengaja gak bawa bekal makanan apapun. Hanya bawa air minum secukupnya. Karena kami tahu di atas sana kalo ‘hari besar’ begini banyak warung-warung dadakan. Nah.. loh… itu yang jadi semangat kami agar segera sampai ke atas.. (warung, red) dan …………. jajan… he.. he.. he…

Terus.. maju,.. terus naik.. semangat.. semangat….!!!

Semakin tinggi semakin banyak pemandangan yang terlalu indah untuk dilewatkan, terlalu baik untuk diabaikan. Ceprat-cepret camera mencuri pandang. Kita terus bergerak naik… dengan satu tujuan… Yach.. Anda benar… warung!.. he.. he..

Perjalanan masih jauh… si Kengkul mendengar suara gemericik air, langsung berlari dan berteriak… “Hey… Ada air terjun..!!!”

Seneng banget dia bisa ‘menemukan air terjun mini-nya’. Dan langsung deh buka baju dan byurr….!!! Kakaknya gak mau kalah, ikutan nyemplung. Bbrrr… Seger.. (lebih tepat disebut ‘dingin’) wong ibu-nya coba celup kakinya aja udah kedinginan… he.. he.. Jadilah mereka ‘Tasran-tasran’ dadakan… *awas parno*

Warung Mbok Dhe

Puas mereka maen air… kita lanjutkan perjalanan.. naik, turun, terpeleset, jatuh, bangun, terperosok, ketemu ulat, tergores… sudah bukan halangan lagi..

Dan akhirnya…… cita-cita kita terkabul… Suara ibu warung yang sangat medok jawa-nya.. dari kejauhan seolah-olah memanggil-manggil kami… Jagoanku berlari gak sabar… begitu sampai langsung memesan... Mbah… saya minta; Pop Mie, lalu... Ice Cream, lalu… Oky Jelly Drink, lalu… permen karet… lalu… Maizone… lalu.. chiki… lalu… lalu… lalu… wah pokoke satu warung kalo bisa dijajal semua… he.. he.. bales dendam.

Daku dan mai hani menikmati lontong pecel… dan segelas teh hangat… hmmm... eunak tenan… gak papa... nikmati aja apa yang ada… he.. he.. sebab di sini gak ada Mc.D, Hoka Koka Bento, KFC, apa Kwie tieu… :P

Turun dengan Logowo

Gak sadar, sudah sejam lebih kami ‘menikmati’ di warung mbok dhe ini. Mau beranjak naik ke atas lagi rasanya sudah pada gak semangat. Kekenyangan kali yach… emang seh.. kalo lagi beraktifitas, terus kelamaan istirahatnya.. rasanya jadi berat lagi memulainya.. benar gak? He.. he.. jadinya kami menyerah dengan keinginan daging kami… *wuih… bahasanya… itu loh rohani banget* Kami memutuskan dengan penuh ‘kebijaksanaan dan perhitungan’. Ya, kami…. Turun! He.. he..

Nah… anehnya.. giliran turun ini… ibuk-nya masih juga tetap ketinggalan di belakang… he..he..

Si Kengkul tetap memimpin di depan dengan penuh semangat. kakaknya sudah kecapaian, terseok-seok jalannya. Empat jam berjalan sudah bikin kaki kita ‘mrengkel’ semua… Si Kengkul, tetap aja ceria… masih terus bersuara dan nyanyiin… setidaknya lagu ini yang sempat daku dengar…. ‘Racuunn… Racunnnn!!’ (semoga Anda tau … :P ) he.. he..

Akhirnya sampe juga kita di villa, jam 11 siang, celana dan baju dah kayak tentara yang nguber-nguber GAM di sawah. Langsung deh kita mandi… (dengan air es tentunya)… … Bbrrr (lagi). Makan siang… di kantin sebelah villa… dah kayak setahun gak ketemu nasi aja..., dan lanjut menikmati… suasana villa. Daku terkapar gak sadarkan diri… telap… sementara jagoanku dan mai hani ntah lagi ngapain… gak tahu… yang penting... ngrook.. ngrook…

(Bukan) Hanya ada di Jakarta

Jam satu siang diriku terbangun, dan segera berkemas... (kali ini gak pake males lagi).. untuk check out. Nah seperti yang daku bilang di awal. Di kawasan ini kalau pas hari-hari liburan panjang ini, bejibun orang yang pada kemari. Biasanya terakumulasi di atas jam 12-an, karena mereka datang dari jauh dan tidak pada menginap di sini. Al hasil… jalan aspal yang sampai ke puncak Paralayang itu penuh sesak dengan mobil dan motor… Ujian ketrampilan bagi pengemudi.. he.. he… tanjakan yang curam, dengan tikungan yang tajam, dan jalan sempit tentunya tidak gampang bagi pemula…. He.. he…

Apalagi banyak para supir yang seenaknya aja parkir di pinggir jalan yang sempit… atau pada berputar seenaknya… atau ada yang mogok… dan biker yang srobot sana-sini seenaknya… lengkap sudah.. Gak di Jakarta gak di dusun udik sini… samo bae… he.. he…

Eniwei… daku tidak terlibat di dalamnya… :(( tim kita dengan pimpinan David ‘Kengkul’ sudah dengan sukses mencapai tujuan (yaitu warung, red) tadi pagi… dimana jalanan masih sepi, orang belum banyak dateng, dan udara masih sejuk segar… jadi… giliran mereka ‘sibuk’ dengan rem dan kopling-nya kita dah ….ngacir pulang… bablas angine..

Tekad kami

Tak terasa ini sudah kali yang kelima kami berkunjung kemari. Minimal setahun sekali. Kami bertekad sebulat-bulatnya untuk kembali lagi kemari… Adasesuatu yang membuat kami selalu ingin kembali. Entah karena Warung Mbok Dhe, air terjun mini, batu besar di tengah kebun, dinginnya air villa, atau entah apa… yang jelas bukan karena crowded dan bisingnya klakson gak sabaran mobil dan motor…

Oleh-oleh

Akhirnya, kita sebelum pulang mampir dulu beli oleh-oleh buat tetangga yang dah menjamu kita dengan kue-kueh lebaran. Ya, teh hitam gunung Dempo terkenal bisa mengobati, berbagai macam penyakit, seperti: jantung, kanker, asam urat, kolesterol, gula, darah tinggi, dll. Pokoke banyak sekali. He..he.. dah kayak dukun alternative aja yang banyak diiklankan di koran-koran. Bener apa nggak, diriku tidak tahu. Hanya sekedar baca manfaat di kemasan. Tapi yang jelas tiap hari daku juga minum, sedap dan harum. Murah kok cuman enam ribu perak per kotak 250gr. Mau?? Makanya datang kemari..